Home » Mind » Jangan Mudah Terpengaruh Pujian/Komentar Orang Lain

Jangan Mudah Terpengaruh Pujian/Komentar Orang Lain

Sangat terhibur dan makin percaya diri setelah membaca postingan Anne Ahira – Asian Brain di facebook pada tanggal 7 Maret 2013

JANGAN MUDAH TERPENGARUH DENGAN PUJIAN/KOMENTAR BURUK dari ORANG LAIN

Siapapun pasti senang kalau ada orang yang memuji dan memberi komentar positif. Namun sebaliknya bila ada orang yang melemparkan kata-kata negatif atau mengkritik, Anda pasti akan merasa dongkolnya bukan main. Bahkan tidak sedikit orang yang menjadi terpengaruh karenanya.

Hal ini wajar adanya. Namun Anda harus hati-hati dan jangan mudah termakan ucapan negatif ini. Sebab sesungguhnya pujian, komentar, kritikan, cemoohan seseorang itu merupakan cerminan dari dirinya sendiri, BUKAN 100% ukuran bagi diri Anda yang kebetulan saja dikomentarinya hari itu.

Kadang ketika seseorang sedang merasa bahagia, ia akan bersikap baik kepada siapa saja. Sedangkan ketika ia mengalami hari buruk, atau memiliki rasa keirian, dia bisa saja melemparkan komentar pedas pada Anda.

Oleh karena itu temanku, ketika ada orang yang mengomentari Anda, khususnya yang buruk, itu seringkali tidak ada hubungannya dengan Anda. Anda jangan lantas buru-buru menjadikannya ukuran dalam menilai diri Anda sendiri.

Setelah membaca postingan tersebut, saya merasa lebih baik, saya merasa lebih percaya diri. Postingan ini benar-benar datang di saat yang tepat. Sehari sehari sebelum membaca postingan ini, saya sempat agak down karena ada yang menertawakan saya gara-gara saya melakukan sebuah kesalahpahaman. Kesalahan saya hanya saya salah memahami sesuatu, tidak terlalu fatal sebenarnya, hanya kesalahan kecil yang tidak terlalu berarti dan itu biasa menurut saya. Namun ada yang menertawakan saya sebegitunya dengan ekspresi yang sangat mengejek dan mencemooh.

Rasa sebal pasti ada, tapi mau sampai kapan? Jika saya pikirkan terus hanya membuat mood saya menjadi jelek. Saat saya lupakan, pikiran saya menjadi fresh kembali.

Jadi memang benar kata Anne Ahira tersebut, perkataan orang yang buruk jangan dipikirkan. Jika dipikirkan hanya akan menambah beban kita sendiri. Lebih baik kita mengambil sisi positifnya saja untuk meningkatkan kualitas diri sendiri.

Leave a Reply

